Meminum Minuman Kaleng Dengan Aman


Bismillah …

Saat lelah beraktivitas, keringat sudah mengucur deras ditambah lagi dengan teriknya matahari saat cuaca panas akan terasa segarrr tatkala kita menenggak minuman yang dingin. Ahhh.. nikmat terasa hingga ujung tenggorokan.

Minuman kalengan memang praktis, ukurannya yang kecil menjadikannya cocok dibawa untuk bepergian. Minuman kaleng ini juga banyak menawarkan efek menyegarkan dan tak jarang pula yang menawarkan efek kesehatan atau sebagai pengganti ion tubuh.

Efek terhadap kesehatannya entah ngefek atau enggak yang jelas kesegarannya yang membuat orang ingin menikmatinya lagi dan lagi. Tau kah teman-teman bahwa meminum minuman kaleng yang terbilang sangat praktis ini justru sedikit agak ‘ribet’?

Mengapa dikatakan sedikit agak ‘ribet’? Karena kebiasaan kita meneguknya langsung dari mulut kaleng ternyata berbahaya!! Minuman kaleng sebelum dipasarkan disimpan di dalam gudang dalam jangka waktu yang terbilang lama. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa di mulut minuman kaleng (seluruh bagian atas kaleng)  tersebut banyak terdapat bakteri dan kuman-kuman penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Bagian mulut/ atas kaleng lebih banyak terkontaminasi dibandingkan toilet umum. Selama dalam masa penyimpanan, minuman kaleng kerap dihinggapi butiran-butiran debu yang lama kelamaan mengendap. Belum lagi tikus-tikus nakal yang berlalu lalang di gudang, urin tikus yang mengering di mulut kaleng (bagian atas) yang mengundang banyak penyakit berbahaya. Minuman kaleng tersebut langsung diantar ke toko-toko tanpa dibersihkan terlebih dahulu. Waw .. sudah berapa banyak tuh benih-benih penyakit di bagian atas kaleng minuman.

Jadiiiii… sebelum meminumnya bersihkan bagian atas kaleng minuman dengan air bersih. Lebih afdol lagi memakai air yang mendidih. Kalau saya sih lebih merasa aman dengan membersihkannya dengan air mendidih lalu meminumnya dengan cara dituangkan ke gelas atau meminum dengan sedotan. Mau lebih aman lagi? Minum jus buah segar. Hehe…

Dan, hal yang sangat vital ini terkadang terlalaikan oleh kita. Saya sendiri juga baru menyadari saat membaca foto yang dishare oleh teman saya di jejaring sosial. Mari menjaga kesehatan mulai dari diri kita sendiri. Semoga teman-teman semuanya dilindungi oleh Allah Ta’ala.

bagian atas kaleng lebih banyak terkontaminasi bakteri dan kuman daripada toilet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s