Memanfaatkan “Menunggu”


Menunggu adalah salah satu hal yang sangat membosankan. Bahkan tak jarang dari kita mengalami stress jika menunggu terlalu lama. Sebab dalam masa menunggu tersebut bercampur perasaan yang tak karuan, ada perasaan was was, khawatir, berpikiran negatif kerap kali tumbuh dalam alam pikiran kita. Terlebih jika orang yang ditunggu tak kunjung datang.

Ada dua nikmat yang sering dilalaikan oleh manusia yakni nikmat sehat dan waktu luang. Nah, menunggu disini dapat dikategorikan sebagai waktu luang. Apakah kita akan melewatinya dengan sia-sia? Ahh .. semoga tidak, sungguh kasihan jika iya.

Jika kita sedang menunggu kedatangan teman maka MANFAATKANLAH!! Misal, teman kita sudah janji mau datang ke rumah jam sekian dan ternyata jarum jam telah menunjukkan waktu yang dimaksud tapi teman kita tak kunjung datang. Detik telah berganti menit, menit berganti jam namun teman kita tak jua menampakkan batang hidupnya. Apa yang kita rasakan? Sebal? Jangan dulu, pasti yang pertama muncul adalah perasaan khawatir, takut terjadi sesuatu di perjalanan dan perasaan negatif lainnya. Nah, daripada kita terus mengikuti perasaan yang kemungkinan benarnya hanya 0,00001 % lebih baik kita menggunakan waktu menunggu itu dengan hal hal yang bermanfaat. Jika kau gemar membaca maka bacalah sesuatu yang ada di hadapanmu, jika kau gemar menulis maka tulislah sesuatu, jika tidak kau bisa menggunakan waktumu untuk beres beres kamar, membantu pekerjaan ringan di rumah dan masih banyak hal lainnya. Jika kita melakukan suatu kegiatan maka waktu akan terasa lebih cepat berputar. Percaya lah, saya sudah membuktikannya, sekarang giliran Anda.

Lalu, bagaimana jika menunggu pangeran datang menjemput kita ke kursi pelaminan? Hemm .. jangan khawatir, setiap orang sudah ditentukan jodohnya masing masing oleh Allah ta’ala, tinggal menunggu waktunya saja. Sembari menunggu pangeran yang diimpikan datang menjemput, saya mohon STOP MENGKHAYAL karena dengan khayalan khayalan konyol tentang pendamping hidup membuat pikiran kita menjadi kotor dan parahnya lagi menjadikan kita malas beribadah, naudzubillahi min dzalik. Sekali lagi MANFAATKANLAH! Sembari menunggu kepastian itu datang, kita sebagai kaum muslim hendaknya memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Kita dapat melakukannya dengan berbagai kegiatan, membaca buku- buku islam, menambah hafalan maupun mempertahankan hafalan, menuntut ilmu yang haq, memperbaiki atau memperbanyak ibadah dan segala bentuk penghambaan kepada Allah Ta’ala guna mendekatkan diri kepada-Nya. Sebagai seorang wanita bisa memanfaatkannya dengan belajar memasak, belajar berkreatifitas seperti menjahit, menyulam, membuat kerajinan kain flanel dan lainnya.

Siapa bilang menunggu itu membosankan? Menunggu itu asik jika dimanfaatkan dengan hal- hal positif terlebih jika diisi dengan kegiatan ibadah.

Salam sayang …. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s