Manfaat Di balik Asam Manis Stroberi


Sebagai seorang wanita, saya menyukai sesuatu yang lucu, unik, menarik dan menyegarkan. Saya termasuk penggemar stroberi tapi anehnya saya tidak menyukai buahnya melainkan hanya menyukai bentuknya yang lucu dan aneka pernak pernik maupun sesuatu benda yang berbentuk stroberi saya sangat suka. Mulai dari bantal, sprei, motif motif stroberi, tempat tissu dan segala bentuk maupun gambar stroberi saya sangat menyukainya.

Rasanya yang asam manis membuat saya tidak begitu menyukainya. Menyesal saya kenapa dari dulu tidak berusaha menyukai atau setidaknya memaksakan makan buah stroberi dengan menahan rasa asam yang timbul. Karena dibalik asam manis stroberi ternyata memiliki kandungan manfaat yang banyak. Kini, saya mulai membiasakan lidah saya untuk menyantapnya.

Ukurannya yang mungil dengan bentuk yang cantik. Warna merah yang menyala dengan bintik bintik hitam yang memenuhinya. Membuat siapa saja yang melihatnya terpesona untuk menyantapnya. Stroberi dapat dinikmati secara langsung dari segar buahnya, bisa juga dibuat selai, bahan jus, topping kue bahkan dengan kemajuan teknologi dapat dibuat menjadi keripik stroberi.

Stroberi kaya akan nutrisi, setiap 100 gr stroberi mengandung protein 0.8 gr, lemak 0.5 gr, karbohidrat 8 gr dan energi 37 kkal. Sedangkan mineral potensial terkandung kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, zat besi 0.8 mg, magnesium 10 mg, potassium 27 mg, selenium 0.7 mg, vitamin A 60 SI, vitamin C 0.03 mg dan asam folat 17.7 mcg.

Buah segar ini juga mengandung banyak vitamin C, vitamin K, vitamin B5, vitamin B6, magnesium, omega 3, mangan, folic acid, potasium dan riboflavin. Kandungan lainnya yaitu berupa fitonutrient dan antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas. Zat antioksidan itu dipercaya yang menghasilkan warna merah pada stroberi.

Dari sekian banyak kandungan yang ada pada stroberi maka tidak salah lagi jika dibalik asam manis stroberi banyak memiliki manfaat. Kandungan nutrisinya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya:

ARTHRITIS

Penyakit yang menyerang persendian ini bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi stroberi. Zat antioksidan yang terkandung dalam stroberi mampu menekan bahaya penyempitan otot. Secara bertahap racun yang ada di dalam otot akan keluar sehingga otot persendian lebih nyaman.

KANKER

Kandungan zat antioksidannya dapat membantu memerangi dan mencegah perkembangan sel kanker.

KESEHATAN MATA

Usia dan nutrisi mempengaruhi kondisi kesehatan mata. Namun dengan kandungan zat antioksidan di dalam stroberi dapat memerangi radikal bebas, tentunya penuaan dini dapat dicegah.

KERUSAKAN FUNGSI OTAK

Makanan dan lingkungan membantu penyebaran radikal bebas yang mengancam tubuh, radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini namun juga mengancam kondisi dan kerja sistem otak. Dengan adanya vitamin C dan fitonutrient, hal tersebut bisa dicegah.

TEKANAN DARAH TINGGI

Kandungan potassium dan zat besi yang ada pada stroberi sangat efektif menekan tekanan darah tinggi dan membuat tekanan darah menjadi lebih stabil.

PENYAKIT JANTUNG

Tinggi serat, folat, vitamin C dan antioksidan membuat stroberi mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh dan mencegah penyakit jantung.

(sumber: http://www.kabarinews.com)

Nah, ulasan diatas merupakan sekelumit tentang kandungan dan manfaat dari buah stroberi. Selain tampilannya yang cantik ternyata memiliki banyak manfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s