Bersyukur atas nikmat Allah


Hamba yang cerdik adalah hamba yang bersyukur kepada Allah, beribadah kepadaNYA semata, serta tidak mengkufuri nikmatNYA. Ia yakin bahwa apa yang Allah takdirkan untuknya pasti merupakan kebaikan dan apa yang tidak ditakdirkan untuknya itu pun merupakan kebaikan. Maka, jika datang nikmat dari Allah ia bersyukur sedangkan jika datang ujian dari Allah ia pun akan bersabar. Ia yakin bahwa baik nikmat maupun musibah yang menimpa merupakan ujian supaya terpilah hamba yang mau bersyukur kepadaNYA dan bersabar atas ujian tersebut.

NIKMAT ALLAH TAK TERHINGGA.

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya, Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. “ ( An Nahl : 18 )

Betapa banyak kasih sayang dan rahmat yang Allah berikan untuk kita semua, tanpa pandang bulu baik itu hamba yang beriman maupun seorang yang mengkufurinya. Allah dengan kesetiaannya selalu melimpahkan rahmat pada kita sekalian manusia. Mulai dari bangun tidur hingga kita tertidur kembali di pagi harinya. Tentunya jika ia termasuk orang yang mensyukuri nikmat Allah, ia akan memanfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya, tak ada waktu yang terlewat sia-sia. Setiap langkah selalu teriring dengan dzikir, hati senantiasa mengingat Allah dalam setiap keadaan. Kita, sebagai manusia yang tak luput dari kekhilafan tidak akan sanggup menghitung-hitung nikmat yang Allah berikan untuk kita.

Dari Aisyah, “Jika Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasalam melaksanakan shalat, beliau berdiri (lama sekali) sampai kedua kaki (telapak) beliau pecah-pecah. Aisyah bertanya : Wahai Rasulullah, kenapa engkau berbuat seperti ini padahal dosamu yang terdahulu dan yang akan datang telah diampuni? Lalu beliau menjawab: Wahai Aisyah, apakah aku tidak ingin menjadi seorang hamba yang bersyukur.” ( Shahih Muslim )

Nah, bagaimana dengan kita teman-teman?

Seorang Rasulullah yang telah dijamin keadaannya pun masih berusaha menjadi hamba yang bersyukur. Tentunya kita sebagai manusia biasa harus lebih gigih lagi usahanya dalam upaya mensyukuri nikmat Allah dengan mempergunakannya dengan sebaik-baiknya.

MENSYUKURI NIKMAT ALLAH.

“Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan : ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih.”‘ (Ibrahim : 7)

Jika kita senantiasa mensyukuri nikmat Allah maka Allah akan menambah nikmat kepada kita dengan cara yang hanya Allah yang tahu. Namun, bila kita kufur akan nikmat Allah maka bagi kita adalah siksa yang amat pedih. Bila kita mengkufuri nikmat Allah, Allah akan berpaling dari kita dan terhalang dari nikmatNya. Padahal segala sesuatu di dunia ini adalah karena rahmat dari Allah semata, Tuhan sekalian alam.

Jika kita terlahir sebagai seorang yang miskin dan tumbuh sebagai seorang yang fakir pula maka bersyukurlah karena sedikitnya harta yang akan kau pertanggungjawabkan di hadapan Allah di akhirat nanti. Dan jika kita terlahir dan tumbuh menjadi seorang yang kaya raya maka bersyukurlah karena dengan harta yang kau miliki, kau bisa memberi makan kepada seorang yang miskin, bisa memberikan sebagian rizkimu untuk kau sedekahkan, mampu memberikan bantuan kepada yang lebih membutuh yang mana hal ini tidak dapat dilakukan oleh seorang yang fakir. Bersyukurlah dalam setiap keadaan.

Sudahkah kita bersyukur pagi ini?

*dzikir pagi …

Allahuma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa’illahi nusyur.

(Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu sore. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan (bagi semua makhluk)).”

Hendaknya setiap pagi kita melantunkan dzikir harian pagi dan sore. Baik dengan lafadz seperti yang biasa saya lafadzkan ataupun bacaan dzikir yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s